Libur Lebaran memang menjadi momentum yang paling ditunggu oleh pemudik. Itulah sebabnya pemudik biasanya sudah berburu tiket kereta api tiga bulan sebelum hari keberangkatan. Tiket kereta api menjadi buruan karena transportasi favorit ini dinilai lebih aman, nyaman dan bebas kemacetan.

Kereta api sudah mengalami reformasi sehingga pelayanan dan fasilitasnya pun semakin diperbaiki dari tahun ke tahun. Sebelumnya, mudik menggunakan kereta ibarat sebuah neraka. Pasalnya pada saat itu PT KAI juga menjual tiket berdiri. Bisa dibayangkan betapa penuhnya gerbong kereta api saat mudik lebaran.

Tiket Kereta

Kini, PT KAI tak lagi menerapkan aturan yang sama. Semua penumpang wajib membeli tiket kereta api dan duduk sesuai dengan nomornya masing-masing. Dengan begitu, semua pemudik kini bisa merasakan kenyamanan bahkan untuk kereta api kelas ekonomi sekalipun. Semua gerbong sudah dilengkapi dengan mesin pendingin udara serta sudah ada petugas kebersihan yang sigap melayani pemudik serta selalu menjaga kebersihan kereta terutama toilet umum.

 

Dengan layanan seperti itu, wajar saja jika tiket kereta api langsung ludes hanya dalam hitungan menit. Saat ini tiket kereta api dapat dibeli secara online tanpa harus datang ke stasiun. Tak ayal, banyak juga warga yang akhirnya tidak kebagian tiket kereta api meskipun PT KAI sudah memberikan kereta tambahan.

Tapi, jangan khawatir terlebih dahulu, karena masih ada banyak cara agar tetap bisa mudik lebaran meskipun kehabisan tiket kereta api.

Manfaatkan Kendaraan Rental

Kendaraan rental bisa menjadi alternatif untuk tetap bisa pulang mudik saat Lebaran. Agar lebih hemat, ajak sanak famili, tetangga atau teman sekampung halaman untuk bisa patungan membayar sewa kendaraan rental.

Apalagi saat ini cukup banyak armada transportasi seperti jasa logistik dan jasa pariwisata yang memberikan paket mudik dengan harga yang kompetitif. Warga kini punya banyak pilihan untuk mudik dengan kendaraan rental.

Namun, pastikan untuk melakukan booking minimal 10 hari sebelum keberangkatan agar bisa mendapatkan kendaraan yang terbaik. Penyewaan kendaraan rental rata-rata berkisar antara 5 sampai dengan 10 hari. Selain itu harga yang ditetapkan pun merupakan harga paket lebaran antara Rp 5 juta sampai dengan Rp 6 juta tergantung dengan tipe kendaran yang dipilih.

Harga tersebut tentu saja belum termasuk supir, tol, bensin dan biaya parkir. Itulah mengapa alasan mengajak orang lain untuk mudik bersama agar bisa menanggung beban biaya sehingga pengeluaran untuk mudik lebaran bisa lebih ringan.

Pilih Kereta dengan Jurusan Terdekat

Pernah dengar ongkos kereta api dari Jakarta Bandung hanya Rp 20 ribu? Ongkos tersebut merupakan ongkos kereta api dari stasiun Manggarai hingga stasiun kereta api Bandung dengan menggunakan kereta lokal.

Cara berpindah dari kereta satu ke kereta yang lain juga kini bisa dipraktekkan. Layaknya menggunakan pesawat terbang dengan rute connecting flight, connecting train juga bisa jadi salah satu alternatif untuk bisa tetap mudik ke kampung halaman.

Caranya cukup sederhana. Pesan tiket kereta yang masih tersedia ke Timur sebelum lebaran. Minimal sudah bisa masuk Pekalongan, Jawa Tengah. Selanjutnya, gunakan kereta lain dari Jawa Tengah untuk bisa melanjutkan ke kota yang dituju seperti Solo, Yogyakarta, Madiun, Surabaya, Malang dan kota-kota besar lainnya yang menjadi tujuan mudik.

Cara ini memang cukup memakan waktu. Namun demikian tetap bisa dicoba daripada tidak bisa mudik sama sekali ke kampung halaman.

Ikuti Program Mudik Gratis

Pemerintah hampir setiap tahun menggelar program mudik gratis. Program mudik gratis menggunakan moda transportasi darat seperti kereta api, bus dan laut. Sasarannya adalah pemudik yang hendak pulang kampung dengan menggunakan sepeda motor.

Agar pemudik bisa tenang dan nyaman selama di perjalanan tanpa harus menggunakan sepeda motor, pemerintah berinisiatif mengirimkan motor-motor pemudik ke kampung halaman. Sementara pemiliknya bisa menggunakan alat transportasi lain yang juga disediakan oleh pemerintah.

Gunakan Kapal Laut

Salah satu alat transportasi yang memang jarang dilirik orang tapi cukup bisa diandalkan adalah kapal laut. Kapal laut lebih nyaman karena tidak perlu berdesakan. Apalagi jarak yang ditempuh bisa hingga ke Surabaya dan Makassar.

Selain itu pemudik juga bisa membawa serta kendaraan roda dua mereka dengan kapal laut. Setelah tiba di pelabuhan tujuan, pemudik tidak perlu repot mencari angkutan karena sudah membawa motor sendiri. Namun kelemahannya memang soal waktu perjalanan yang ditempuh berhari-hari yang kadang-kadang memberikan rasa bosan bagi penumpang yang tidak terbiasa.

Pulang pada saat arus balik

Beberapa orang yang kehabisan tiket kereta api sebelum Lebaran sebetulnya masih punya peluang untuk pulang kampung. Salah satunya dengan memesan tiket kereta pada hari Lebaran atau pada saat arus balik. Meskipun tidak bisa merasakan Lebaran di kampung halaman namun yang utama masih tetap bisa pulang.

Beberapa orang kadang-kadang memilih opsi ini jika sudah dalam kondisi terpaksa karena biasanya harus menambah cuti. Opsi ini bisa dijadikan sebagai opsi terakhir di antara alternatif pilihan lainnya.

KTA Tanpa Kartu Kredit

Pemesanan tiket kereta kini bisa lebih ringan loh dengan memanfaatkan kta tanpa kartu kredit dari Kredivo. Apalagi Kredivo sudah bekerja sama dengan lebih dari 200 e-commerce merchant yang juga menyediakan layanan penjualan kereta api.

Biaya mudik lebaran bisa dicicil dengan pilihan tenor antara 3, 6 sampai dengan 12 bulan dengan bunga rendah hanya 2.95% per bulan. Untuk mengajukan kta tanpa kartu kredit lewat Kredivo cukup mudah. Yang penting sudan memenuhi syarat seperti berusia minimal 18 tahun, punya penghasilan minimal Rp 3 juta perbulan dan bertempat tinggal di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, atau Denpasar.

Cara pendaftarannya pun bisa dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi Kredivo lewat Google Play Store atapun App Store. Untuk mengetahui promo dan cara pendaftaran mendapatkan kemudahan kta tanpa kartu kredit dari Kredivo bisa klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *