AC Hemat Gree

Mencegah lebih baik dibanding mengobati. Hal itu juga berlaku pada AC. Ketika Anda rajin merawat, maka kinerjanya lebih terjaga. Bahkan, bisa bikin hemat. Apa sebabnya?

AC Hemat Gree

Pendingin ruangan atau yang biasa dikenal sebagai AC merupakan solusi praktis untuk mengatasi cuaca yang panas. Ketika matahari bersinar dengan terik di luar ruangan, memasuki ruangan ber-AC memberikan sensasi yang melegakan. Namun, lain ceritanya jika AC tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sebagai peralatan elektronik, tentu saja AC rawan rusak apalagi jika tidak mendapatkan perawatan.

Permasalahan yang kerap muncul pada alat pendingin ruangan adalah angin yang tidak dingin, mesin yang berisik, hingga kebocoran pipa Freon. Pada dasarnya, Anda perlu mengetahui penyebab masalah pada AC sehingga dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Tanpa perlu mendatangi tukang service AC, Anda bisa melakukan perbaikan sendiri sesuai dengan tingkat permasalahan.

Cara Mengatasi AC Bermasalah Tanpa Tukang Servis

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu untuk melakukan pengecekan sebelum memanggil tukang servis. Pertama, AC bermasalah mungkin disebabkan oleh hal sepele seperti mesin yang kotor maupun mode remote yang tidak sesuai. Berikut ini adalah prosedur yang bisa Anda lakukan untuk menemukan masalah pada AC.

  1. Cek kebersihan AC

Salah satu penyebab masalah pada pendingin ruangan adalah adanya debu serta kotoran yang menumpuk. Biasanya, AC yang kotor menyebabkan angin yang dikeluarkan tidak dingin. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kebersihan AC. Pastikan setiap bagian bersih dari kotoran dan debu yang menempel.

Idealnya alat pendingin ruangan perlu mendapatkan perawatan rutin berupa pembersihan setiap bagian yang terjangkau. Anda perlu melakukan pembersihan minimal setiap 3 bulan sekali. Dengan demikian, kondisi mesin akan selalu bersih dan AC Anda akan terhindar dari masalah, terutama angin yang kurang dingin.

  1. Cek kipas luar

Langkah selanjutnya untuk menganalisa kondisi AC adalah dengan memeriksa kipas outdoor. Sebelum buru-buru mendatangi tukang servis, ada baiknya Anda memastikan kondisi kipas luar ruangan tersebut. Cara mengecek kipas ini sangat mudah, Anda hanya perlu menyalakan AC kemudian memastikan apakah kipas luar berputar dengan baik.

Apabila kipas tidak berputar secara normal, Anda perlu melakukan pembongkaran. Masalah yang biasa terjadi adalah sambungan kabel terputus atau masalah komponen. Dalam kasus ini, mungkin Anda membutuhkan bantuan professional.

  1. Cek kondensator

Salah satu komponen AC yang rawan rusak adalah kondensator yang berbentuk seperti tabung. Untuk mengecek kondensator, Anda perlu membongkar AC terlebih dahulu. Cari komponen berbentuk tabung dan perhatikan bentuknya. Apabila terlihat menggelembung atau tidak normal, berarti komponen ini membutuhkan penggantian. Anda dapat menggantinya sendiri atau meminta bantuan tukang.

  1. Bersihkan kumparan evaporator

Bagian kumparan evaporator merupakan komponen yang rawan kotor. Apabila terdapat kotoran dan penumpukan debu, akan terjadi gangguan pada kinerja AC. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkannya sebagai bagian dari perawatan. Tersedia cairan khusus berupa semprotan untuk membersihkan bagian ini. Anda dapat menemukannya di supermarket.

Sebelum menggunakan cairan pembersih, Anda perlu melindungi dinding dan lantai bawah AC. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar dinding dan lantai tetap bersih apabila ada kotoran yang menetes dari kumparan tersebut. Semprotkan cairan dengan hati-hati dan teliti agar tepat mengenai kumparan yang dimaksud.

Demikian cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menganalisa kondisi AC sekaligus melakukan perawatan. Dengan langkah tersebut, Anda dapat meminimalisir kerusakan pada mesin sehingga tidak perlu menghubungi tukang servis AC. Meskipun demikian, perhatikan tingkat permasalahan sebelum menanganinya sendiri agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Kalau mau AC yang awet, berkualitas, dan berteknologi canggih, AC Gree adalah pilihan utama. Sebab Gree dibuat dengan material berkualitas serta teknologi mumpuni. Tujuannya berikan kenyamanan dan ketenangan pemakainya. AC Gree juga punya keunggulan di 6 aspek utama penilaian AC, yaitu aman, sehat, dingin, hemat, sunyi, dan awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *