Jasa Cuci AC

Remot AC merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam pendingin ruangan. Apabila remot tidak berfungsi tentu akan menyusahkan Anda untuk menyalakan AC secara manual.  Walaupun Anda bisa menyalakannya secara manual, tetap saja hal itu akan menyusahkan apabila letak AC Anda terletak di atas langit-langit rumah Anda. Anda harus mengambil tangga panjang dan memanjat untuk menyalakannya. Sebelum Anda repot-repot menyalakan AC secara manual. Sebaiknya Anda mengenali beberapa penyebab remot AC yang tidak bisa nyala atau rusak, serta bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa penyebab AC yang tidak dapat menyala dengan menggunakan remot AC.

Simak informasinya dibawah ini!

Jasa Cuci AC

Sensor AC mati

AC yang tidak bisa dinyalakan dengan menggunakan remot bisa jadi karena sensor AC tersebut mati. Sensor AC yang mati bisa disebabkan karena sensor terkena air saat Anda mencuci AC tersebut. Solusinya tentu dengan membersihkan air pada sensor dengan memakai hairdryer agar cepat kering atau dengan cara menjemur di bawah sinar matahari. Jika memang hanya terkena air, AC akan kembali normal setelah sensor Anda keringkan. Jika tidak, bisa jadi sensor AC yang rusak atau mati juga bisa disebabkan karena pemakaian yang sudah terlalu lama. Untuk mengukur sensor AC tersebut gunakan alat ukur multitester. Disarankan untuk menggunakan jasa teknisi ac untuk mengecek apakah sensor AC Anda mati atau tidak.

Remot rusak

AC tidak dapat nyala dengan menggunakan remot bisa jadi karena remot AC tersebut sudah rusak. Namun, sebelum itu pastikan remot tidak benar-benar rusak dengan cara mendekatkan remot ke AC. Jika tidak berfungsi juga, coba ganti remot dengan baterai yang baru, bisa jadi baterai remot AC Anda habis. Untuk mengecek apakah remot AC Anda rusak atau tidak caranya cukup mudah. Perhatikan dan cek kemali lampu led pada remot Anda. Apabila masih tidak berfungsi ada kemungkinan remot Anda rusak. Saran terbaik gantilah remot AC yang rusak tersebut dengan yang baru.

IC putus

Sensor AC yang rusak bisa disebabkan karena adanya IC (Integrated Circuit) yang putus. Untuk kerusakaan IC kontrol ini Anda tidak bisa melakukannya sendiri karena ada banyak jalur kaki yang menghubungkan fungsi dan koneksi masing-masing jalur PCB elektronik. Jika masalah tak kunjung selesai, silahkan hubungi jasa cuci ac atau teknisi ac yang berpengalaman untuk mengatasi masalah pada AC Anda. Tidak perlu membeli remot AC yang baru jika Anda bisa memperbaiki remot sendiri.

Agar remot AC Anda terawat dan tahan lama, berikut tips untuk merawat remot AC dan memperbaikinya jika terjadi gangguan atau masalah.

Remot terlalu jauh dari AC

Salah satu alasan mengapa AC tidak bisa menyala menggunakan remot AC karena remot terlalu jauh dari AC. Hal itu bisa jadi disebabkan oleh baterai pada remot AC tersebut. Apabila hal ini terjadi, gantilah baterai yang lama dengan yang baru. Idealnya, remot ditempatkan dalam jarak 7 meter dari AC, tentu pengaturan jarak ini dapat bervariasi tergantung pada sisa baterai yang ada. Selain itu, perhatikan baterai pada remot tersebut. Remot AC yang tidak dapat berfungsi bisa disebabkan karena baterai bocor. Jika baterai bocor, segera ganti dengan yang baru.

Gunakan remot yang tepat

Pastikan bahwa Anda menggunakan remot AC yang sesuai dengan produk AC tersebut. Remot AC universal, yaitu remot yang dapat digunakan untuk segala macam merek AC yang dapat menyebabkan kerusakan akibat tidak sesuainya remot dengan produk AC tersebut. Sebaiknya gunakan remot yang asli sesuai dengan merek produk AC Anda. Jangan lupa untuk mengatur suhu terendah tidak boleh lebih dari 22 derajat celcius agar AC Anda awet dan tahan lama.

Merawat AC dan bagian-bagian yang terdapat di dalamnya merupakan suatu hal yang penting untuk kita lakukan secara rutin. Kebersihan dan kenyamanan AC Anda akan mempengaruhi kualitas udara yang keluar dan membuat AC Anda tahan lama. Oleh sebab itu, rutinlah merawat segala bagian-bagian yang terdapat di dalam komponen AC. Dengan begitu kinerja AC Anda akan bekerja dengan maksimal. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *